SEO

Taktik untuk membuat e-commerce berkembang Pebisnis pastinya tidak ingin kalah bersaing dengan para pemula (bisnis) maupun selevelnya. Merambah ke dunia online marketing menjadi salah satu cara untuk meningkatkan bisnis, misal membangun websiteDalam dunia online marketing terdapat teknik yang sangat berguna dalam memaksimalkan website, yaitu SEO. SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization adalah suatu teknik untuk memaksimalkan website agar meningkatkan peringkat dan pengunjung di suatu mesin pencari, misal Google, Yahoo, Bing.
Untuk website yang maksimal dengan baik yang saya maksud dari sisi SEO adalah website yang berada di urutan atas hasil pencarian organik (Organic Search), bukan website yang memasang iklan di Google (Google Ads). 




 SEO dilakukan melalui proses yang sistematis, disebut Teknik SEO. Terdapat aturan-aturan yang berlaku pada suatu search engine yang menjadi rujukannya. Dikatakan sistematis karena harus dilakukan analisa, implementasi, laporan. SEO mempunyai kategori Blackhat SEO yang mengandung tindakan berbahaya , Whitehat SEO dengan tindakan natural dan relevan dalam meningkatkan peringkat sebuah website, dan Greyhat SEO perpaduan kedua teknik sebelumnya untuk meningkatkan peringkat website. Ketiganya mempunyai kelebihan dan kekurangan dalam penerapannya.
Sebelum adanya SEO, penggunaan algoritma masih sepenuhnya bergantung pada Meta Tag dikode Html. Dengan begitu memudahkan webmaster memanipulasi meta tag dengan menuliskan kata kunci yang tidak relevan dengan konten situs yang sebenarnya. Hal ini menimbulkan kesalahan pemeringkatan dan penempatan situs tersebut pada mesin pencari. Sehingga menimbulkan kerugian di mesin pencari dan juga  bagi para pengguna internet yang ingin mencari informasi yang berkualitas dan relevan. Kemudian pada tanggal 26 Juli 1997 dua mahasiswa doktoral dari ilmu komputer dari Universitas Stanvord yaitu Larry Page dan Sergey Brin berusaha untuk mengatasi masalah tersebut dengan membangun Backrup.
Backrup adalah sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk meningkatkan halaman Web. Algoritma tersebut yang akhirnya di kenal dengan nama PageRank. Sedangkan Backrup sendiri hanyalah sebuah permulaan dan pada tahun 1998, Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrup.


Manfaat SEO

Manfaat yang didapatkan dari SEO tergantung dari tujuan webnya. Misal jika anda mengelola sebuah toko online, dengan menggunakan jasa SEO tentu akan membantu anda untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung pada website anda dan hal ini juga pasti akan berdampak pada peningkatan penjualan anda.
Seacara umum ada beberapa manfaat yang didapatkan pertama layanan mesin pencari optimasi akan membantu industri perusahaan untuk meningkatkan identitas bisnis mereka melalui World Wide Web secara efektif. Kedua baik pada optimasi halaman serta teknik optimasi halaman akan membantu semua organisasi bisnis online untuk mendapatkan peringkat atas dalam mesin pencari utama dengan mengoptimalkan kata kunci yang relevan.
Ketiga hal itu akan memainkan peran penting dalam menghasilkan lalu lintas yang ditargetkan ke situs web perusahaan Anda dengan mudah. Manfaat yang paling menonjol lain dari optimasi adalah bahwa hal itu tidak hanya akan meningkatkan laba atas investasi tetapi juga meningkatkan produktivitas perusahaan Anda. Lebih penting lagi, layanan SEO ini tidak hanya dapat meningkatkan visibilitas perusahaan Anda website tetapi juga mempromosikan kampanye pemasaran web Anda melalui World Wide Web secara dramatis.



Referensi :
  • https://www.dewaweb.com/panduan-lengkap-search-engine-optimization-seo/
  • http://www.pojokwebsite.com/pengertian-seo.html
  • https://www.maxmanroe.com/apa-itu-seo.html
  • http://kursusseo.org/sejarah-awal-lahir-nya-seo/
  • http://www.pagesatu.com/pengertian-jenis-dan-manfaat-dari-seo/
  • http://www.progresstech.co.id/blog/jenis-e-commerce/
  • https://ediwordpressblog.wordpress.com/2016/02/22/pengertian-dan-perbedaan-e-commerce-dan-e-business/
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *