Analisi Web Alibaba.com dengan Similiarweb

Salah satu cara para SEO agar terus dapat bersaing adalah dengan menagamati web pesaing-pesaingnya, diantaranya dengan melihat peringkat, pengunjung, dan sebagianya. Semua hal tadi dapat dilihat dengan Traffic Web Analytic. Trafic Web Analytic adalah situs yang dapat melihat traffic dan peringkat dari suatu web secara global atau pun local.
Disini penulis menggunakan Similarweb.com sebagai web traffic analytic nya, dan web yang akan dilihat traffic dan sebagianya adalah situs ecommerce Alibaba yang berdomisili di China.
Alibaba adalah situs e-commerce terkenal di China bahkan dunia.  Perusahaan ini berdiri sejak 1999 oleh Jack Ma dan 17 rekannya. Yang membedakan Alibaba dengan yang lain adalah, Alibaba berisi hampir semua barang yang dibutuhkan oleh konsumen, mulai dari rautan pensil hingga mesin untuk industry. Pada situs alibaba juga banyak penjual yang berasal dari UKM masyarakat, khususnya China. Hal ini menguntungkan bagi pengusaha kecil dan menengah untuk mempromosikan dan menjual produknya ke seluruh dunia, terlebih dengan adanya MEA kegiatan ekspor dan impor seperti tidak ada batasnya.
Alibaba.com merupakan e-commerce dengan system business to business terbesar di China. Alibaba termasuk salah satu portal web yang paling sering digunakan oleh sebagian besar masyarakat China pada khususnya. Sumber pendapatan yang diperoleh oleh alibaba berasal dari layanan internet dan search engine yang bekerja sama dengan Yahoo serta pendapatan dari iklan dan pembayaran online.

Gambar 1

Gambar 2
Terlihat di gambar 1, adalah 446 juta pada bulan juli sampai September, adanya penurunan dari bulan sebelumnya (Oktober) sebesar 3.52% . Seacara peringkat, Alibaba menmepati posisi 318 pada skala gobal, dan 276 pada skala local yaitu China. Digambar kedua adalah grafik dari Juli hingga Agustus 2017.
Gambar 3
Secara geografi 5 negrara teratas yang sering mengkases situs Alibaba.com adalah China diikuti Unites States, Russia, Turkey, India. Terdapat juga peningkatan dan penurunannya.

Gambar 4
Selanjutnya dilihat dari apa yang paling banyak dicari pengunjung. Terlihat jelas bahwa kategori karir dan edukasi adalah yang sangat dominan, diikuti shopping, business and industry, internet and telecom.
Gambar 5
Dari websimiliar juga dapat melihat melalui mesin pencari apa yang paling banyak digunakan untuk menemukan situs Alibaba.com ini. Pertama dari google.com, kemudian diikuti dengan pencarian gambar atau image search, dan terkahir yang langsung mengetikkan alamat Alibaba.com alias direct.
Itu semua adalah salah satu contoh fitur yang ada dari web analisis yang biasa digunakan oleh SEO ataupun siapa saja. Tetnunya masih banyak lagi web analytic, seperti misalnya : Google Analytic, Alexa, dan sebagainya.


Sumber Terkait : 



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *