Analisis Web Service

Analisis Web Service

Tulisan ini dibuat unutk kepentingan tugas, dan menambah wawasan penulis. Jika ada salah mohon dimaklumi.

            PHD adalah layanan pesan antar sebuah retail makanan yang menggunakan media internet dalam penggunaanya, dan berbasis web service. 

Disebut web service karena databasedari web tersebut tersimpan dalam sebuah web server berbayar, dan dapat diakses dengan berbagai paltform yang tentunya harus tekoneksi daengan internet. Berbeda dengan URL web pada umumnya, URL web service hanya menggandung kumpulan informasi, perintah, konfigurasi atau sintaks yang berguna membangun sebuah fungsi-fungsi tertentu dari aplikasi.

Perancangan Sistem

Sercara garis besar pengunnan aplikasi ini user dapat memilih makanan atau minuman apa yang akan dipesan kemudian menyetujui pesanan dan melakukan pembayaran pada saat makanan sampai di tujuan.
Tujuan web memberdayakan web service adalah agar konsumen tidak perlu ke retail tersebut untuk menikmati produk yang disajikan. Sehingga hanya tinggal membayar yang telah dipesan kepada pengantar dari retail tersebut. Web server yang diguanakan pada apliaksi ini adalah :

1. Apache
Dari jajaran web server yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini adalah Apache web server. Apache menguasai sekitar 40 persen lebih dari keseluruhan pangsa pasar web server yang ada di dunia ini, dengan jumlah situs lebih dari 330 juta situs. Prestasi tersebut sekaligus menempatkan apache sebagai web server yang paling diperhitungkan, bahkan jika dibandingkan dengan web server berbayar sekalipun.

2. IIS
Internet Information Service (IIS) adalah komponen yang dapat digunakan untuk mengelola web, File Transfer Protocol (FTP), Ghoper, dan NNTP. Komponen IIS terdapat pada sistem operasi Windows NT ,Windows 2000, Windows XP, 7 dan Windows Server 2003.

Keunggulan IIS (Internet Information Server) dibandingkan Apache Web Server adalah kemudahan penggunanya karana IIS mengadopsi konsep GUI (Graphical User Interface) untuk melakukan pengaturan-pengaturan dan konfigurasi terhadap sistem. Namun IIS juga memiliki beberapa kelemahan yaitu hanya mendukung sistem operasi yang dibuat oleh Microsoft.

Dalam membangun web service tentunya di perlukan bahasa pemograman. Pada web ini digunakan framework dari berbagai bahasa pemograman 

1.     Microsoft. ASP.NET
Adalah tool yang sangat berguna bagi programmer yang memudahkan programmer untuk membuat website yang dinamis yang disertai dengan bahasa VB dan C#. ASP.NET tidakhanya terbatas pada bahasa script, tetapi memungkinkan Anda untuk menggunakan bahasa NET seperti C #, J #, VB, dll.

2.     jQuery
jQuery adalah library JavaScript multiplatform yang dirancang untuk memudahkan penyusunan client-side script pada file HTML

            Rancangan Basis Data
Perancangan basis data merupakan pengembangan lebih lanjut dari tahapan surveidan definisi, semua proses terkait diimplementasikan secara nyata ke dalam model data. Dalam web dapat dilihat bahwa dalam tiap “menu odd column” dan “menu even coloumn” terdapat “menu name” yang berkorelasi dengan “pesanan saya” sebagai attribut yang berelas, yang mana pada “pesanan saya” attribut tersebut berubah menjadi “item name”. Dalam hal ini, “item name tersebut” mengacu pada tiap “menu odd coloumn” dan “menu even cloumn”.
Berikut alur pemesanan ssecara garis besar :


\



User Interface dan Fitur











Implementasi
Dalam tampilan utama user diberikan pilihan unutk memilih menu makan dan minuman, atau paket yang tersedia.

Untukk memesan diperlukan login atau mendaftar saebagai ‘Guest’ bukan sebagai member.






Setelah menginput identitas yagn diminta kemudian klik buat akun.











maka nama akan muncul, dan artinya akun sudah terdfaftar.









Selanjutnya tinggal memesan, pada tulisan menu dan klik makan apa yang akan dipilih. Kemudain klik pesan maka metode pembayaran akan muncul. Setelah selesai maka pembayaran dilakuakn ketika makanan telah sampai.



 Aplikasi pada server cabang/outlet.
  1. Server cabang yang terdekat dengan pemesan akan menerima pemesanan  
  2. Kemudian memverifikasi member
  3. Membuatkan pesanan
  4.   Setelah itu pesanan diantar ke alamat yang bersangkutan






Struktur yang berlaku pada aplikasi user dan aplikasi server :
Server
Nama Service
Parameter
Keterangan
User
Log In
 password, Email
User masuk ke sistem sebagai member yang telah ada dalam database
Memilih jenis pemesanan
Cara-order
Terdapat pilihan order yaitu :
-          Quick order
-          Delivery
-          Takeaway
Pesan item
Menu-name
Memilih sesuai nama item dan tamabahan dari item yang diinginkan.
Persetujuan pemesanan
                                                
Apakah ada perubahan pemesanan atau tambahan. Jika tidak, maka konfirmasi.
Cabang / outlet
Memeriksa member
Nama-member
Logout dari sistem
Jenis pemesanan
Cara-order
Menerima jenis order yang dipilih user
pesanan
Menu-name
Tampilan pesanan yang dipilih user
Cek selesai
-
Bahwa tata cara pemesana sesusai prosedur dan pesana dibuat.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *