Review Jurnal Komputasi Awan


Judul jurnal :
PENERAPAN KOMPUTASI AWAN DALAM DUNIA PENDIDIKAN – SEBUAH PENDEKATAN TEORITIS  
Link Jurnal :
Abstraksi :
Saat ini bagi banyak orang masih belum jelas mengenai apa itu komputasi awan, apa bedanya dengan Grid Computing. Komputasi awan adalah layanan berbasis internet. Komputasi awan memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan grid computing.Komputasi awan memiliki tiga layanan utama, Software as Services, Platform as Services, dan Infrastructure as Services. Seluruh layanan yang tersedia di awan diakses oleh perangkat bergerak yang kompatibel familiar dan umum kita lihat dan gunakan contohnyal PDA, Smartphone dll. Pada paper ini dipaparkan contoh pemanfaatan komputasi awan bagi dunia pendidikan. Bagi sisi dunia pendidikan komputasi awan dapat dijadikan alternatif permasalahan kebutuhan prasarana pembelajara, guna menghemat kebutuhan sumber daya pembelajaran
Isi Pembahasan jurnal :
            Pembahasan pertama setelah pendahuluan adalah arti dari komputasi awan itu sendiri dengan mengutip dari Institut Nasional Standar dan Teknologi yaitu, "model untuk meningkatkan kenyamanan, memberikan ondemand access ke jaringan terminal sumber daya komputasi bersama, yang dapat dikonfigurasi(misalnya jaringan, server, penyimpanan, aplikasi, dan layanan yang diberikan) yang dapat ditetapkan dengan cepat dan dirilis dengan upaya manajemenatau interaksi penyedia layanan yang minimal " . Pada paragraf selanjutnya dijelaskan bahwa komputasi modern sangatlah diminati di era serba komputerisasi ini. Kemudian banyak dari perusahaan besar telah menggunakan untuk produk mereka sendiri dan bahkan di perjualbelikan. Terdapat tiga model pelayanan dasar yang dijelasklan dalam artikel tersebut : 1. IAAS (Infrastruktur sebagai sebuah layanan). 2. PAAS (Platform sebagai sebuah layanan). 3. SAAS (Software sebagai Layanan). Diberikan juga grafik yangn menunujukkan bahwa penggunaan komputasi awan sangatlah banyak.
            Kemudian pada poin tiga terdapat perbandingan komputasi awan dan komputasi grid. Diberikan data dengan isi referensi perkataan para penulis buku dan tahun buku tersebut diterbitkan tentang definisi awan pada komputasi awan. Kemudian diikuti definisi grid dengan mngutip perkataan Ian Foster. Penulis menyimpulkan bahwa komputasi grid dan komptasi awan mempunyai perbedaan yang tidak jelas, yang disebabkan visi yang sama. Selanjutnya karakteristik utama dari komputasi awan terdapat lima poin yaitu On-demand Access, Elastis, Pay per Use, Konektivitas, Pooling. Dalam jurnal tersebut terdapat skema dari komputasi awan yang membuktikan bahwa komputasi awan berpengaruh ke skala ekonomis untuk komputasi dan layanan. Diberikan juga tabel yang berisi perbandingan Grid dan komputasi awan menurut Vaquero.
            Pada poin lima, penulis jurnal membahas tentang implementasi komputasi awan di dunia pendidikan dalam hal prasarana. Disebutkan beberapa aplikasi yang akan mendominasi pada tahun 2010 dan dapat diterapkan dalam universitas dan perguruan tinggi dalam pendidikan ilmu komputer. Terdapat studi kasus yang diberikan penulis jurnal dalam dunia pendidikan perguruan tinggi di bidang ilmu komputer.
Kesimpulan
Sudah saatnya teknologi komputasi awan ini diterapkan disetiap instatnsi. Karna dari segi keuntungan bisnis sangatlah tinggi. Kemudian kefektifan kerja tidak kalah tingginya. Untuk itu, pengenalan akan komputer awan kepada lebih banyak pekerja, ataupun terpelajar sudah saatnya.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *