Client - Server TCP sederhana, getIP, IPtoName, getNsLookup, getNameIP


Berikut cara untuk melihat IP yang digunakan, nama IP, nama komputer yang digunakan, dan melakukan Nslookup secara sederana. Ada juga membuat chat client-server TCP secara sederhana.
1.     Clinet – Server TCP
Program yang dibuat merupakan multiple client chat server java dengan cmd. Jadi computer dapat melakukan obrolan antar computer melalui cmd. Mekanismenya yaitu computer A menjadi client dan computer B menjadi server. Dapat juga satu computer menjadi server dan juga client, yaitu degnan cara membuka dua cmd sekaligus, dan itu yang akan dipraktekan dalam laporan ini.

Blok pertama adalah mendeklarasikan library yang dibutuhkan untuk membuat program java ini yaitu dengan syntax import, dan yang dibutuhkan adalah java.net dan java.io.



Kemudian pembuatan nama class. Class pertama yaitu chatclient. Agar daapt terhubung ke computer server maka masukan ip jaringan yang digunakan. Samakan dengan mambuka ipconfig pada cmd. Socket adalah sebuah abstraksi perangkat lunak yang digunakan sebagai suatu “terminal” dari suatu hubungan antara dua mesin atau proses yang saling berinterkoneksi. Digunakan oleh Client untuk inisialisasi koneksi. bufferreader adlah syntax untuk melakukan pembacaan input.


Terdapat perulangan untuk dapat saling melakukan chat client server. Dan mekanisme oborolan yaitu asyncronus, yaitu tidak bisa realtime. Artinya apabila giliran server yang melakukan chat maka client tidak bisa mengetik hingga server mngirim. Kemudian apa bila client mengetik kata ‘stop ‘ maka program akan terhenti.


Bagian terakhir pada chatclient.java yaitu mentutp program setelah diketikan kata’stop’.
Chatserver.java

Setalah mendeklarasikan library, membuat nama class untuk program kedua, yaitu chatserver.java. Jika chatclient.java terdapat socket maka pada chatserver terdapat serversocket untuk inisialisasinya.


Sama seperti pada client perualngan digunakan untuk melakukan oborolan. Dan apbila ditliskan kata ‘stop’ maka jug akan mengentikan program.

2.     Get IP
Kodingan untuk membuat progrgram getIp diwali dengan library dari java. Kemudian dilanjutkan dengan pembuatan kelas. Setelah method void masuklah ke pendeklarasian variabel host yang diberi nilai awal null. Kemudian diberikan syntax untuk membaca IP dari komputer yang digunakan host = InetAddress.getLocalHost(); . Lalu ada perulangan  dengan batasan panjang karakter dari ip yang dimaksud kemudian di print atau cetak kedalam layar cmd dengan syntax System.out.println();
Setelah melakukan compiling maka program bisa langsung dijalankan. Maka hasil yang akan keluar yaitu IP yang sama dengan jarigna yang digunakan. Silahkan dicek ke ipconfig unuk memastikan kebenarannya.
3.     GetNameIP
Serpeti biasa kodingan diwali dengan import libarary dari java. Kemudian methodnya, lalu diikuti pemberian variabel awal pada host. Dan program akan mencetak atau menampilkan ip yang sedang diguakan.
4.     NsLookup
Logika dari program ini, jika panjang karakter string args sama dengan 0 maka akan mencetak Pemakai : Java NsLookup hostname. Kemudian terdapat perintah try dan catch yang digunakan untuk menangkap kesalahan didalam program, pada perintah try ini akan mencoba memanggil nama host kemudian disimpan didalam variabel address, jika terdapat kesalahan maka program akan mencetak unknown host, jika program tidak terjadi kesalahan terdapat perintah perulangan for.

5.     IPtoName

Pada program ini terdapat kondisi if dimana jika panjang string host sama dengan 0 maka cetak nama pemakai dan IPtoNameKemudian terdapat perintah try dan catch yang digunakan untuk menangkap kesalahan didalam program, pada perintah try ini akan mencoba memanggil nama host kemudian disimpan didalam variabel address, jika terdapat kesalahan maka program akan mencetak invalid IP – malformed ip, jika program tidak terjadi kesalahan maka program akan mencetak nilai ip address host.
Hasil dari program IptoName setelah dijalankan

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *