Globalisasi

Globalisasi 

Menurut ahli globalisasi Thomas Larsson dalam bukunya The Race to The Top : The Real Story of Globalization, Glllobalisasi adalah proses penyusutan dunia, jarak yang semakin pendek, hal-hal bergerak lebih dekat. Ini berkenaan dengan meningkatnya kemudahan seseorang dari satu sisi dunia berinteraksi dengan seseorang di sisi dunia lain dengan saling menguntungkan.
Jika diartikan dari kata global maka artinya UNIVERSAL. (Menurut Edison A. Jamli dkk.Kewarganegaraan.2005) Globalisasi pada hakikatnya adalah suatu proses dari gagasan yang dimunculkan, kemudian ditawarkan untuk diikuti oleh bangsa lain yang akhirnya sampai pada suatu titik kesepakatan bersama dan menjadi pedoman bersama bagi bangsa-bangsa di seluruh dunia.

Adanya globalisasi tentu membawa dampak atau pengaruh bagi suatu bangsa. Tentunya kita khusunya remaja hingga dewasa, sangat meraskannya. Contoh dari segi teknologi. Mungkin pada saat mereka keci atau anak-anak permainan pada kala itu yang membuat adalah mereka (anak-anak) sendiri dan tentunya biaya sangat murah bahkan gratis. Kemudian seiring perkembangan zaman, globalisasi yang semakin luas dan teknologi semakin canggih anak-anak kecil sudah mengerti teknologi masa kini, contoh ponsel , tablet, dsb. Itulah contoh dari dampak globalisasi.
Akan tetapi globalisasi mempunyai dampak positif dan negatif.

Dampak positif globalisasi antara lain:


- Mudah memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan
- Mudah melakukan komunikasi
- Cepat dalam bepergian (mobilitas tinggi)
- Menumbuhkan sikap kosmopolitan dan toleran
- Memacu untuk meningkatkan kualitas diri
- Mudah memenuhi kebutuhan



Dampak negatif globalisasi antara lain:


- Informasi yang tidak tersaring.
- Membuat tidak kreatif, karna prilaku konsumtif.
- Membuat sikap menutup diri, berpikir sempit.
- Banyak meniru perilaku yang buruk.
- Mudah terpengaruh oleh hal yang tidak sesuai dengan kebiasaan atau kebudayaan suatu negar


Sesuatu pasti penyebanya, begitupula globalisasi. Faktor penyebab terjadinya globalisasi yang paling utama adalah kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya teknologi komunikasi. Selain faktor penyebab globalisasi diatas, masih ada beberapa faktor-faktor penyebab globalisasi yaitu:

·         Kemudahan pelaksanaan transaksi ekonomi dan keuangan lintas wilayah seperti individu dari negara dari benua Asia dapat melakukan transaksi dengan individu di benua Eropa. Hal disebabkan oleh berkembang pesatnya kemajuan teknologi infor
·         Makin gampangnya kerja sama ekonomi dan terjadinya kesepakatan-kesepakatan ekonomi antarnegara.
Dan semua itu tinggal bagaimana kita menyikapinya. Apabila kita dapat memanfaatkan sebaik mungkin maka mungkin saja akan sangat bermanfaat, dan jika kita memanfaatkan dengan hal tidak baik maka akan sebaliknya.


Sumber tetrkait :

·                     http://deni-anggara.blogspot.com/


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *