Konfigurasi UFW pada Kali Linux

Firewall adalah suatu sistem perangkat lunak yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk bisa melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang dianggap tidak aman (wikipedia).

Firewall disatu sisi penting di sisi lain kadang bisa menjadi tidak penting. Bagi Anda pengguna komputer yang tidak pernah berurusan dengan jaringan baik lokal ataupun jaringan secara publik, firewall menjadi hal yang tidak terlalu penting. Lain hal jika komputer Anda terhubung jaringan, apalagi seperti peladen (server). Maka, firewall menjadi suatu hal yang sangat penting.

Di GNU/Linux kita mengenal dengan sebuah utilitas bernama iptables, yang mana iptables ini adalah semacam daftar firewall dari IP dan Port mana saja yang dapat keluar masuk di komputer. Sayangnya, pengaturan iptables ini terbilang rumit apalagi bagi pemula, karena kalau sembarang nanti malah yang seharusnya tidak diblokir malah terblokir.

UFW adalah kependekan dari Uncomplicated Firewall sebuah aplikasi front-end dari iptables yang ringan, powerful dan sangat mudah digunakan untuk mengatur firewall.  Penulis akan mencoba pada Kali Linux.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *