Perbedaan Ilmu Sosial Dasar (IBD) dan illmu Sosial Dasar (ISD)

            Pada kali ini saya akan membahas IBD (ilmu Budaya Dasar) dan ISD (Ilmu Sosial Dasar). Yang akan saya rangkum hanyalah perbedaan dari tiga segi yaitu, dari segi arti/definisi, tujuan pembelajaran , dan ruang lingkup.
 
Dilihat dari segi penamaannya perbedaan dari ilmu sosial dasar (IBD) dan ilmu budaya dasar (IBD) yaitu : IBD adalah ilmu yang mempelajari tentang budaya di suatu daerah/tempat, yang mana kita akan tahu misalnya, nilai-nilai hubungan daengan orang tuanya, temannya, atupun orang dilingkungan sekitaranya. Bisa juga hubungan masyarakat dengan masyarakat lainnya. Sedangkan ISD adalah ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari tentang hubungan sosial dalam bermasyarakat, juga mengajarkan tata cara berinteraksi dengan bahasa yang sesuai, baik dan benar, bersikap sopan santun,  dengan masyarakat sekitar.
            Dari segi tujuan pembelajaran, ISD bertujuan membantu mengembangkan wawasan pemikiran yang lebih luas dari setiap anggota golongan terpelajar indonesia, khususnya yang berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia-manusia lain. IBD bertujuan Mengsah kepekaan anggota terpelajar indonesia terhadap lingkungan budaya sehingga mereka akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka.
            Kemudian dari segi ruang lingkupnya, IBD merupakan dasar identik dengan basic humanities yang artinya manusawi, berbudaya, dan halus. Jadi, IBD bukanlah ilmu tentang berbagai budaya melainkan pengertian dasar dan pengertian umumnya konsep-konsep dan teori-teori budaya yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah kebudayaan. Perdebatan terhadap berbagai masalah budaya ini dilakukan dengan menggunakan berbagai pengetahuan budaya(the humanities), baik dengan menggunakan suatu keahlian (disiplin) ataupun dengan menggunakan pendekatan berbagai keahlian. ISD mempunyai runag lingkup terhadap Adanya keanekaragaman golongan dan kesatuan social lain dalam masyarakat, yang masing-masing mempunyai kepentingan kebutuhan serta pola-pola pemikiran dan pola-pola tingkah laku sendiri, tapi juga amat banyaknya persamaan kepentingan serta persamaan dalam pola-pola pemikiran daripola-pola tingkah laku yang menyebabkan adanya pertentengan –pertentangan maupun hubungan setia kawan dan kerja sama dalam masyarakat.
Sekian penjelasan singakat tentang perbedaan antara Ilmu Sosial Daasar (ISD) dan Ilmu Budaya Dasar(IBD).




Sumber  :


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *